Travel

Menikmati Keindahan Blue Lagoon, Pemandian Alami yang Asri dan Eksotis

Blue Lagoon Yogyakarta – Tujuan destinasi populer untuk turis lokal maupun mancanegara adalah Yogyakarta. Setiap sudut Yogyakarta tak luput dari sasaran berkunjung bagi para wisatawan. Baik wisata alam, wisata belanja, maupun wisata kuliner akan diserbu wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Wajar kalau disaat musim liburan atau weekend, Yogyakarta dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Alasan utamanya adalah Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi sampai-sampai bingung memilihnya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas objek wisata Blue Lagoon, wisata pemandian alami yang asri dan eksotis.

Tentang Blue Lagoon Yogyakarta

Blue Lagoon Yogyakarta
Gambar oleh : https://www.instagram.com/p/BthXhr5B_BE/

Berendam dan berenang di sumber mata air langsung pastinya sangat menyegarkan. Sensai ini dapat kalian rasakan di objek wisata Blue Lagoon yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Warga sekitar biasa menyebut objek wisata dengan Blue Lagoon ini mulai booming sejak 2014. Nama asli atau resmi dari pemandian ini sebetulnya adalah Tirta Budi, namun sudah terlanjur populer dengan Blue Lagoon.

Air pada objek wisata ini berasal dari sumber mata air langsung, ditandai dengan adanya gelembung yang keluar dari dasar kolam. Mata air langsung tersebutlah yang membuat wisata ini memiliki air yang jernih biru kehijauan dan segar.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Blue Lagoon Yogyakarta

Blue Lagoon Yogyakarta
Gambar oleh : Photoparse.blogspot.com

Untuk bisa menikmati keindahan alam disini, kalian tidak perlu mengeluarkan uang dengan nominal besar. Untuk masuk ke area Blue Lagoon, kalian cukup menyediakan uang 5 ribu rupiah untuk tiket masuknya, 2 ribu rupiah untuk parkir motor, dan 5 ribu rupiah untuk parkir mobil (koreksi apabila salah).

Dilansir dari ulasan Google Maps, harga tiket masuk sebenarnya adalah 10 ribu rupiah dan bisa ditukarkan dengan minuman (paket bundle), namun ada ulasan terbaru bahwa tiket masuknya 5 ribu rupiah saja, mungkin karena sedang masa pandemi(?)

Sangat terjangkau bukan?

Untuk jam buka, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore ya!

Bermain, Bersantai dan Berekreasi

Blue Lagoon Yogyakarta
Gambar oleh : Slemanonline.com

Di wisata ini, kalian bisa melakukan beberapa hal seperti berenang, berselancar, berendam, pijat relaksasi air, dan lain-lain. Berikut adalah hal yang bisa kalian lakukan di sini.

1. Berenang dan Berendam

Tujuan utama wisatawan ke objek wisata ini adalah untuk menikmati sensasi segarnya mata air asli langsung. Air yang jernih dan berwarna biru kehijauan ini menambah kuat niatan untuk berenang disini.

Dengan berenang dan berendam, bisa membuat tubuh rileks dan melepas penat setelah berhari-hari berkutik dengan pekerjaan. Kolam nya dikelilingi oleh bebatuan dilengkapi dengan pepohonan sehingga kesan asri pun nampak. Rugi kalau kalian kesini tapi gak berenang.

2. Pijat Relaksasi di Pancuran

Capek berenang dan ingin merasakan sensai lain? Bisa kok, yakni dengan pijat relaksasi. Hee emang ada tukang pijat juga disana? Pijat disini bukan dilakukan oleh orang ataupun tukang pijat profesional, melainkan dengan pancuran air.

Air yang mengalir dan membuat pancuran tersebut ketika mengenai punggung akan menimbulkan sensasi seperti dipijat, gak kalah sama pijat profesional deh!

3. Berselancar

Berselancar juga gak cuma bisa dilakukan di pantai aja loh! Kalian bisa merasakan sensai berselancar di kolam pemandian (bendungan) yang diperuntukkan untuk yang ingin berselancar. Biasanya pengunjung akan memakai ban atau pelampung terlebih dahulu sebelum berseluncur disini.

4. Lompat Bebas

Bergaya bak perenang profesional juga bisa dilakukan disini, dengan cara melompat bebas dari tebing ke area kolam.

Tebing yang ada di lokasi juga tidak terlalu tinggi. Namun, kalian yang akan melompat bebas juga harus memperhatikan keselamatan diri juga dengan cara berhati-hati.

Terlebih kalau belum terbiasa melompat, lebih baik tidak usah. Cukup menikmati dengan berendam ataupun melakukan 3 poin di atas.

5. Bersantai di Gazebo

Sudah cukup lelah bermain di air dan ingin beristirahat atau bersantai? Kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati makanan ataupun minuman di gazebo. Makanan dan minuman bisa membawa sendiri ataupun membeli di warung sekitar.

Namun, disaat pandemi seperti ini alangkah baiknya untuk prepare membawa bekal dari rumah untuk jaga-jaga jika warung sekitar tempat wisata tidak buka.

Fasilitas yang Lengkap

Blue Lagoon Yogyakarta
Gambar oleh : Tempatrekreasi.id

Fasilitas yang disediakan disini sudah lengkap, tak perlu khawatir berlama-lama disini. Adapun fasilitas yang disediakan disini yaitu:

  1. Mushalla;
  2. Tempat parkir yang luas;
  3. Tempat penitipan barang;
  4. Warung;
  5. Gazebo;
  6. Kamar mandi;
  7. Toilet;
  8. Tempat sewa ban / pelampung;
  9. homestay.

Sangat lengkap bukan?

Lokasi Blue Lagoon Yogyakarta

Blue Lagoon Yogyakarta
Gambar oleh : https://www.instagram.com/p/B1XqpUKn9wj/

Kawasan wisata ini berada di Desa Wisata Blue Lagoon, dimana pengelolaan objek wisata sudah terstruktur dan profesional.

Nah, konsep yang digencarkan oleh pengelola yaitu konsep wisata live in, dimana wisatawan bisa membaur langsung dengan warga setempat dan menikmati nuansa pedesaan.

Pada poin 9 fasilitas di atas, tertulis homestay. Homestay ini adalah rumah milik warga yang disewakan oleh pengelola bagi wisatawan yang ingin berada lebih lama disini.

Untuk lokasi via Google Maps, bisa dilihat dibawah ini atau bisa langsung membuka Google Maps dan mencari dengan kata kunci Blue Lagoon Yogyakarta.

Desa Wisata Blue Lagoon, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584


Nah itulah artikel mengenai Menikmati Keindahan Blue Lagoon, Pemandian Alami yang Asri dan Eksotis yang bisa saya ulas.

Di masa pandemi seperti ini, tetap jaga kesehatan dan juga mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku ya!

Jika ada yang dari luar kota dan ingin mengunjungi Yogyakarta, maka alangkah baiknya juga membaca artikel Tips Berlibur ke Yogyakarta Saat New Normal.

Baca juga artikel wisata di Yogyakarta lainnya untuk mendapatkan informasi-informasi tempat wisata yang menarik.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button