Materi

Laporan Praktikum Mekanika Tanah II (+Pr)

Laporan Praktikum Mekanika Tanah II (+Pr) – Mekanika Tanah merupakan salah satu mata kuliah jurusan Teknik sipil dengan melakukan praktek-praktek baik di lapangan maupun di laboratorium.

Saat ini, saya sedang menjalani kuliah di semester 4 dan mendapat mata kuliah Mekanika Tanah II (+Pr) sebagai salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan semester ini.

Laporan yang Berbeda dari Biasanya

Laporan praktikum Mekanika Tanah II (+Pr) ini cukup berbeda dibandingkan dengan laporan praktikum Mekanika Tanah I (+Pr). Bedanya terdapat dalam penulisan laporan. Laprak Mektan II ditulis dengan dokumen Word sedangkan laprak Mektan I ditulis secara manual.

Terdapat plus minus nya dengan adanya penulisan laprak secara online ini. Tak cuma lapraknya aja yang dilakukan secara online, praktikum dan asistensinya pun dilakukan secara online dengan menggunakan video meeting.

Semester ini benar-benar dibuat berbeda karena adanya pandemi COVID-19 ini. Namun, ada juga hikmahnya yaitu jadi mengerti cara membuat laporan dengan menggunakan aplikasi Word.

Dari mulai membuat layout, judul-judul, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan halaman serta lampiran-lampiran sehingga terbentuklah satu kesatuan laporan praktikum.

Waktu Pengerjaan Laporan

Untuk Mekanika Tanah II (+Pr) ini bisa dibilang cukup singkat dalam penulisan laporannya. Dimulai dari waktu yang diberikan maksimal 1 minggu sejak praktikum untuk menyelesaikan laporan dan excelnya.

Terdapat 3x praktikum dalam praktikum online ini.

  1. Pertemuan 1 yaitu pengujian permeabilitas tanah dengan 2x pengujian, Constant Head Parameter dan Falling Head Paramter.
  2. Pertemuan 2 yaitu pengujian geser langsung, pengujian kuat tekan bebas, dan pengujian triaksial.
  3. Pertemuan 3 yaitu pengujian konsolidasi tanah.
  4. Pertemuan 4 yaitu responsi praktikum

Semua pertemuan hanya diberi waktu masing-masing 1 minggu aja. Lumayan capek karena harus mengerjakan data di excel yang banyak, belum lagi penulisan laporannya.

Hasil Laporan Praktikum

Pada akhirnya laporan praktikum kami pun bisa terselesaikan dengan baik. Walaupun dengan beberapa kali revisi-revisi dari mulai hal yang sepele karena format sampai yang fatal karena layout yang berantakan.

Berikut ini merupakan hasil Laporan Praktikum Mekanika Tanah II (+Pr) yang dikerjakan oleh kelompok kami.

Dapatkan Laporan Praktikum

Untuk yang ingin mengunduh Laporan Praktikum Mekanika Tanah II (+Pr) bisa menekan tombol dibawah ini ya. Nantinya akan teralihkan menuju link download dokumen tersebut (Google Drive)

Dapatkan

Penutup

Cukup sekian cerita mengenai praktikum Mekanika Tanah II (+Pr) yang dilakukan secara online. Baca juga artikel mengenai laporan praktikum lainnya ya!

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat!

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button