Lifestyle

5 Hikmah yang Dapat Dipetik dari Berita Bohong

5 Hikmah yang Dapat Dipetik dari Berita Bohong – Sosial media merupakan salah satu sarana penyebaran berita bohong atau biasa dikenal dengan berita hoax. Banyak sekali akun-akun tidak bertanggungjawab di media sosial yang menyebarkan suatu isu tanpa disertai dengan validitasnya.

Akibatnya, banyak orang yang tidak peka bahwa mereka terjebak dalam jebakan berita bohong. Berita bohong tersebut dibuat semirip mungkin seakan-akan berita tersebut adalah berita asli.

Berita bohon tersebut kemudian disebarkan di media sosial, blog, maupun media YouTube yang kemudian dibagikan oleh orang yang melihatnya. Sasaran yang paling sering untuk membagikan berita-berita tanpa kebenaran itu adalah grup WhatsApp, terlebih grup WhatsApp keluarga.

Banyak sekali orang-orang yang terkecoh akibat berita bohon tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 hikmah yang dapat dipetik dari berita bohong.

Jangan Menjadi Orang yang Mudah Percaya

Langkah pertama untuk menghindari berita bohong adalah jangan mudah percaya dengan apa yang disebarkan di media sosial. Jangan terpacu oleh satu media saja meskipun media tersebut sudah memiliki nama.

Periksa juga portal berita lain guna menggali dan mengetahui apakah berita tersebut benar adanya atau tidak. Semakin banyak sumber berita yang kita dapat dan semua sumber tersebut mengatakan hal yang sama, maka berita tersebut dapat dipercaya.

Jangan Asal Membagikan Berita

Seringkali ketika membaca suatu berita yang menghebohkan, kita akan membagikannya ke orang lain. Kalau iya begitu, mulai sekarang harus berhenti dari kebiasaan tersebut.

Jadilah pembaca yang pintar, cek terlebih dahulu apakah berita tersebut valid, ada sumber dan ada komponen 5W+1H nya sehingga jelas dan tidak simpang siur.

Jika dirasa berita tersebut ada benarnya, maka baru dibagikan. Kalau merasa berita tersebut hanyalah berita hoaks, cukup sampai dikamu saja dan jangan dibagikan ke orang lain. Kalau perlu, report atau laporkan berita bohong tersebut.

Publik Figur Harus Memberi Contoh yang Baik

Jika kamu adalah seorang influencer, maka ada baiknya kamu lebih berhati-hati dalam membuat statement atau membagikan berita. Seorang influencer harus bisa meng-influence-kan pengikutnya ke arah kebaikan.

Banyak kejadian bahwa influencer juga terkecoh dengan berita bohong sehingga membuat jagad media sosial menjadi heboh. Agak susah memang menjadi publik figur, harus berhati-hati dalam bertindak ya!

Kebohongan Lama-Lama Akan Terungkap

Ada pepatah mengatakan, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Pepatah tersebut sangat cocok buat penyebar berita hoaks.

Contohnya saja beberapa waktu yang lalu ada kasus berita RS dipukuli hingga masuk rumah sakit, namun ternyata dia berbohong. Kemudian berita yang disebarkan melalui blog berdomain blogspot.com yang meresahkan, dan masih banyak lagi.

Bersatu Melawan Hoaks

Sebagai masyarakat madani, kita harus bersatu untuk melawan berita bohong. Berita bohong hanya akan membuat heboh sehingga keadaan menjadi tidak kondusif dan menyesatkan.

Kita harus pintar memilih dan memilah berita yang terbaca. Kalau perlu, cek juga laman Turn Back Hoax yang juga banyak di internet. Misalnya adalah portal dari Kominfo yaitu: https://www.kominfo.go.id/content/all/laporan_isu_hoaks.


Nah itulah 5 hikmah yang dapat dipetik dari berita bohong. Semoga dengan adanya artikel ini kita bisa menjadi orang yang berhati-hati dalam menyebarkan sebuah berita.

Baca juga artikel mengenai gaya hidup lainnya ya! Terima kasih sudah membaca~

Source
Gambar
Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button