Travel

Tips Berlibur ke Yogyakarta Saat New Normal

Tips Berlibur ke Yogyakarta Saat New Normal – Yogyakarta merupakan salah satu wilayah destinasi favorit berlibur, khususnya untuk berwisata. Di masa pandemi COVID-19 ini, Yogyakarta secara bertahap membuka sektor pariwisatanya.

Seringkali banyak orang yang ingin berlibur namun tidak tahu bagaimana dan apa saja yang harus disiapkan saat pandemi seperti ini. Berikut tips-tipsnya.

Membawa Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat diperlukan saat perjalanan jauh karena sedang masa pandemi. Surat keterangan sehat tersebut dapat berupa hasil swab test ataupun rapid test.

Surat keterangan ini dibedakan menjadi tiga. Yang pertama yaitu surat keterangan sehat untuk orang yang berasal dari zona hijau dan kuning, hasil rapid test untuk zona merah dan hitam, serta hasil swab test bagi yang berpergian dari luar negeri.

Wajib Mematuhi Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan wajib dipatuhi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta. Hal ini dapat berupa memakai masker, membawa handsanitizer, menjaga jarak, dan mengurangi kontak fisik.

Protokol kesehatan dimaksudkan untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

Membawa Perlengkapan Sendiri

Mulai saat ini, biasakan membawa perlengkapan apapun sendiri seperti alat ibadah dan alat makan guna mencegah tertularnya COVID-19.

Selain itu, kalian juga harus membiasakan diri sedia sabun cair, handsanitizer, tisu basah, tisu kering, masker cadangan, dan juga kantong plastik untuk menyimpan masker bekas pakai.

Membawa Kendaraan Pribadi

Dengan meggunakan kendaraan pribadi saat berpergian jauh, akan mengurangi resiko tertularnya COVID-19 dibanding dengan menggunakan kendaraan umum.

Potensi penularan virus di kendaraan umum bisa dibilang cukup besar karena banyak orang yang tidak dikenal dan bercampur menjadi satu.

Namun, apabila terpaksa menggunakan transportasi umum, usahakan menjaga jarak dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain ya!

Membeli Tiket dan Check In Secara Online

Ketika tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi dan terpaksa naik transportasi umum, maka belilah tiket dan check in secara online. Dengan begitu, kalian bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Dan sebelum berangkat, pastikan sudah memesan penginapan secara online juga ya!

Tidak Datang Secara Rombongan

Urungkan niat apabila ingin mengunjungi Yogyakarta dengan rombongan. Pasalnya, DinPar DIY menyatakan belum memperbolehkan wisatawan yang datang secara bergerombolan guna mencegah adanya klaster baru COVID-19.

Alangkah baiknya kalau melakukan perjalannya dengan sendiri saja, ya!

Mengunduh Aplikasi Cared+ Jogja atau Jogja Pass

Dilansir dari laman resmi, https://cared-diy.jogjaprov.go.id/, Jogja Pass adalah indentitas digital bagi masyarakat di DIY untuk berwisata.

Aplikasi ini wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat atau wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi wisata di Yogyakarta saat new normal.

Salah satu fungsi Jogja Pass adalah untuk mempermudah penelusuran / skrining kontak saat ada wisatawan yang terkomfirmasi COVID-19.


Itulah artikel mengenai tips berlibur ke Yogyakarta saat new normal. Alangkah lebih baiknya kalau kita tetap #DiRumahSaja sampai keadaan benar-benar normal dan keluar apabila ada keperluan mendesak saja ya!

Harus bersabar terlebih dahulu agar Indonesia bisa cepat pulih dan terbebas dari pandemi COVID-19.

Jangan lupa baca juga artikel tentang wisata dan tips wisata lainnya ya! Semoga bermanfaat.

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button