Travel

5 Tempat Wisata di Daerah Kaliurang Yogyakarta

5 Tempat Wisata di Daerah Kaliurang Yogyakarta – Tak terasa 2020 berlalu begitu cepat, tahun yang dilalui dengan hampir 80% dirumahsaja akibat pandemi Covid-19. Di tahun 2021 ini, Indonesia sudah memvaksin beberapa masyarakatnya mulai dari nakes, pejabat publik, guru, dan nantinya menyusul untuk mahasiswa.

Saat ini juga untuk berlibur tidak ada pemeriksaan ketat seperti saat dulu, hanya saja tetap membutuhkan kartu bebas Covid-19 yang bisa di dapat melalui tes rapid antigen, PCR, maupun Genose.

Lalu, apakah di libur nasional 2021 ini kalian sudah mempunyai tujuan wisata yang ingin dikunjungi? Kalau belum, yuk simak 5 tempat wisata di daerah Kaliurang Yogyakarta, siapa tau bisa menjadi referensi tempat berlibur :D.

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan tempat wisata dengan bangunan yang berupa kasil yang terbuat atau tersusun dari batu sisa erupsi Gunung Merapi sebagai bahan bakunya. Tempat ini sangat instagramable dengan spot yang banyak sekali pilihannya. Spot tersebut diantaranya yaitu spot paradise gate, kawasan rumput hijau yang luas dengan berhias pohon sakura, kawasan suku Indian dengan tenda yang khas lengkap dengan perapian, dan patung dinosaurus yang telah terbunuh. The Lost World Castle berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan yang mana dekat sekali dengan Gunung Merapi.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi terletak di Jalan Kaliurang km 22, 500 meter dari The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta.

Museum Gunung Merapi berisi gambaran jejak keganasan wedhus gembel yang menerjang rumah di lereng merapi kala itu. Semua barang termasuk sepeda motor, peralatan memasak, hingga rumah pun habis seluruhnya. Tempat ini banyak sekali pelajaran alam yang sangat berharga.

3. Tlogo Putri

Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan objek wisata yang terletak di kawasan Kalurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tlogo Putri menawarkan pesona pemandangan alam di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Disini juga terdapat embung yang menjadikannya spot utama dan juga dilengkapi dengan pepohonan yang rimbun sehingga menghasilkan kesan yang adem dan asri.

Kalian bisa menikmati wahana air di embung tersebut seperti kano dan bebek sepeda kayuh. Di tepian embungnya bisa menjadi tempat duduk-duduk santai.

Di kawasan ini juga ada penyewaan mobil jeep yang siap mengantarkan para pengunjung mengelilingi kawasan lereng merapi.

4. Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja

Stonehenge berasal dari Stone dan Henge, Stone berarti batu dan Henge berarti lingkaran. Replika Stonehenge yang aslinya terletak di Amesbury di Wiltshire, Inggris sekarang bisa dinikimati juga di Yogyakarta. Stonehenge terletak di Desa Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disini banyak orang yang mengunjungi Stonehenge untuk foto-foto dengan latar batu-batu nya sekaligus keindahan alam Gunung Merapi dengan dilengkapi hijaunya rumput serta warna abu-abu dari batu tersebut.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berada di kaki Gunung Merapi, dengan arsitektur serta interior yang sangat unik. Museum ini sangat nyaman dikunjungi karena suasana alamnya yang sejuk, rindang, dan indah.

Sekitar 1 jam kita akan diajak berkeliling museum yang akan dipandu oleh educator tour yang sudah sangat berpengalaman, ramah, dan informatif. Di Museum Ullen Sentalu juga banyak peninggalan sejarah dan kebudayaan Jawa terkhusus mengenai keluarga Keraton Yogyakarta dan Solo.

Saat di museum kita memang tidak diperbolehkan mengambil foto ataupun video sama sekali. Namun jangan khawatir, kalau kalian ingin berfoto juga sudah disediakan background yang keren di luar museum nya.


Itulah 5 tempat wisata di daerah Kaliurang Yogyakarta yang bisa kalian jadikan untuk referensi berlibur kalian.

Baca juga artikel liburan lainnya ya! Semoga bermanfaat!

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button