Lifestyle

Peduli Konstruksi Berkelanjutan Bersama Saint-Gobain Melalui Multi Comfort Student Contest (MCSC)

Peduli Konstruksi Berkelanjutan Bersama Saint-Gobain Melalui Multi Comfort Student Contest – Pada tanggal 25 Februari 2021 kemarin, saya berkesempatan mengikuti press conference Multi Comfort Student Contest yang diadakan oleh Saint-Gobain secara virtual dengan Zoom meeting.

Sebagai mahasiswa Teknik Sipil, hal ini sangatlah menarik karena jurusan yang saya tempuh juga ada sangkut pautnya dengan acara ini yaitu isu lingkungan yang jarang diterapkan dalam pembangunan.

Virtual Zoom Meeting
Virtual Zoom Meeting

Masalah yang paling utama yaitu pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan diiringi pembangunan perumahan penduduk yang semakin tidak terkontrol dan tertata rapi. Hal tersebut apabila dibiarkan maka akan menjadi bahaya di kemudian hari.

Contohnya adalah bencana banjir akibat kurangnya daerah resapan air dikarenakan semua lahan sudah tertutup dengan beton karena pembangunan tersebut.

Nah, pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan nyaman sangatlah diperlukan sehingga isu-isu lingkungan tersebut dapat teratasi.

Sebagai mahasiswa Teknik Sipil, saya sudah mendapatkan mata kuliah Ilmu Lingkungan yang berisi mengenai aspek-aspek atau isu-isu yang terjadi di lingkungan sekitar dan harus mencari solusi dari permasalahan tersebut. Mata kuliah tersebut sangatlah penting karena ilmu nya dapat di implementasikan saat merencanakan sebuah pembangunan suatu wilayah.

Ajang Bergengsi Multi Comfort Student Contest (MCSC)

Multi Comfort Student Contest (MCSC) merupakan kegiatan kompetisi desain arsitektur berskala internasional yang diadakan oleh Saint-Gobain.

Tujuan dari diadakannya MCSC ini yaitu mengajak generasi-generasi muda agar berinovasi melalui desain arsitektur yang ramah lingkungan dan yang pasti nyaman.

Tantangan Pembangunan Berkelanjutan
Tantangan Pembangunan Berkelanjutan

National Marketing Director Saint-Gobain Indonesia, Apsara Herman, mengungkapkan bahwa peran para pemuda menjadi salah satu harapan besar bagi Saint-Gobain dalam mendorong sustainable construction, pembangunan yang berwawasan lingkungan, sejalan dengan produk-produk kami yang diciptakan sebagai material ramah lingkungan.

Beliau juga menuturkan bahwa Making the world a better home adalah harapan dan tujuan Saint-Gobain dalam mewujudkan dunia yang lebih indah dan nyaman untuk dihuni.

Arsitek pemenang Kontes Desain Ibu Kota Negara (IKN) yang berjudul “Negara Rimba Nusa”, Sibarani Sofian, S.T., M.Arch., memberikan pandangan mengenai konsep Urban Planning  dan Sustainability construction. Menurut beliau, dalam perencanaan kota berkelanjutan harus memperhatikan keseimbangan antar elemen mulai dari lingkungan, sosial, maupun ekonomi sesuai dengan kebijakan nasional yang mensejahterakan rakyatnya juga.

Indonesia Mengirimkan 3 Perwakilan

3 Finalis Indonesia
3 Finalis Indonesia

Kompetisi ini telah berlangsung dari 01 Maret sampai 15 Desember 2020 yang diikuti oleh 84 partisipan dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Para pemenang dalam kompetisi ini akan mewakili Indonesia di ajang MCSC di Perancis. Perwakilan tersebut akan ditantang mendesain proyek revitalisasi di Saint-Denis, Perancis menggunakan produk dari Saint-Gobain Group lho!

Pemenang pertama dari MCSC ini yaitu dari Institut Teknologi Bandung dengan judul Re(Bond)ir, pemenang kedua yaitu dari Universitas Tanjungpura Pontianak, dan pemenang ketiga yaitu dari Universitas Pelita Harapan.


Dengan adanya kontes ini, besar harapan bahwa arsitek muda Indonesia bisa mendapatkan tempat untuk unjuk diri dan membanggakan nama bangsa.

Mari berdoa untuk ketiga finalis yang akan bertanding di Perancis, semoga bisa membawa juara untuk Indonesia!

Penutup

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa baca artikel tentang gaya hidup lainnya ya!

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button