Lifestyle

6 Pikiran yang Membuat Kamu Terjebak Perasaan Tidak Bahagia

6 Pikiran yang Membuat Kamu Terjebak Perasaan Tidak Bahagia – Kebahagiaan merupakan hal yang didambakan oleh semua orang. Terkadang, rasa insecure itulah yang menyebabkan terhambatnya kamu memperoleh kebahagiaan.

Darimana perasaan insecure itu datang? Perasaan insecure tersebut bisa berasal dari peristiwa yang tragis yang menyebabkan trauma di masa lalu. Atau bisa jadi karena rasa ekspektasi kamu yang terlalu tinggi namun tidak tercapai.

Untuk mencapai kebahagiaan tersebut, buang jauh-jauh 6 pikiran yang membuat kamu terjebak perasaan tidak bahagia.

Terlalu Banyak Mengeluh

Mengeluh pasti pernah dilakukan oleh sebagian orang. Kata lain nya adalah sambat. Ya, mengeluh biasa dilakukan ketika sedang menghadapi masalah yang dirasa rumit atau yang tidak bisa diselesaikan.

Mengeluh paling sering dilakukan di sosial media, entah itu di Instagram dengan Insta Storynya, Facebook dengan wall nya, ataupun di Twitter dengan Tweet nya.

Terlalu berlarut dalam kondisi mengeluh hanya membuat kamu jauh dari perasaan bahagia tersebut. Satu hal yang harus kamu tahu, mengeluh tidak membuat keadaan atau masalahmu lebih baik dari sebelumnya.

Lebih baik bersyukur apa yang sudah dimiliki agar kamu merasakan kebahagiaan dan nikmat yang diberikan Tuhan untukmu. Belum tentu orang lain mendapatkan apa yang kamu dapatkan juga.

Rasa Khawatir yang Berlebih

Mengkhawatirkan sesuatu secara berlebih akan membuat tubuh menjadi lelah. Ketika tubuh dalam keadaan lemah, kita tidak bisa berpikir dengan jernih. Akibatnya, untuk mencapai rasa bahagia itu akan jauh sekali.

Khawatir memang boleh, tetapi tidak untuk berlebihan. Khawatir itu adalah salah satu bentuk emosi yang biasa dirasakan tiap orang.

Semakin mencemaskan sesuatu secara berlebihan, kamu akan semakin sulit merasakan kebahagiaan tersebut.

Memiliki Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

Berekspektasi atau menetapkan standar yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain akan membuat kamu sulit bahagia. Mengapa demikian? Karena segala sesuatu di dunia ini tidak selalu berjalan seperti yang dipikirkan dan diharapkan.

Lebih baik bersikap realistis terhadap sesuatu agar ketika tujuan tersebut tidak tercapai atau jauh dari harapan bisa menerimanya.

Selalu Berpikiran Negatif

Selalu berpikir negatif atau negative thinking adalah hal yang tidak baik. Kalau kamu sering berpikiran negatif, lebih baik buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Jika pikiranmu terisi dengan hal-hal yang negatif, maka kamu akan sulit merasakan damainya kehidupan dan kebahagiaan. Namun sebaliknya, apabila pikiranmu diisi dengan banyak hal-hal positif, kebahagiaan dan ketenangan akan secara otomatis mengikutinya.

Jadi, pilihan ada di tanganmu. Mau hidup bahagia dan damai atau mau terpuruk bersama negative thinking tersebut?

Overthinking Berlebih

Sama halnya dengan negative thinking, overthinking berlebih juga bukanlah hal yang baik. Overthinking hanya membuat energi mu terkuras saja, tidak ada manfaatnya.

Overthinking atau pikiran berlebih timbul sama seperti ekspektasi yang berlebih, yaitu tidak menerima kenyataan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini belum tentu sejalan dengan apa yang diinginkan.

Kebiasaan memiliki pikiran berlebih ini harus diatasi oleh dirimu sendiri. Atur pola pikir yang positif agar pikiran-pikiran negatif bisa hilang. Cara yang efektif menghilangkan pikiran berlebih yaitu dengan cara membangun pola pikir yang positif.

Terbayang-bayang Masa Lalu

Masa lalu yang kelam banyak meninggalkan bekas luka yang mendalam, traumatik, ataupun hal-hal yang menyiksa. Bayang-bayang masa lalu ini bisa saja datang kapanpun dan menyerang mood.

Apabila kamu sedang berada dalam situasi seperti ini, alangkah lebih baik untuk memaafkan dan berdamai dengan masa lalu serta melangkah lebih maju untuk hal-hal baru.

Dengan begitu, kamu akan jauh lebih tenang dan masa lalu tersebut akan menjadi suatu pelajaran yang berharga bagimu untuk ke arah yang lebih baik.


6 Pikiran diatas bisa saja datang kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, sebaiknya persiapkan diri agar tidak terjebak dalam situasi seperti hal diatas.

Demi kebahagiaan dan kedamaian diri, membangun sebuah pikiran baru yang berisi hal positif sangat diperlukan ya!

Sekian artikel mengenai 6 Pikiran Berikut yang Membuat Kamu Terjebak Perasaan Tidak Bahagia, baca juga artikel mengenai Gaya Hidup lainnya ya!

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Source
Url Gambar
Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

4 Comments

  1. Paling susah move on dari kilasan masa lalu, kalo teringat pasti bikin mood jelek, malu, dan sedih. Kebayang2 terus secara tiba2 ga pakai permisi.

    Saya lg berusaha berdamai dengan masa lalu, biasanya membandingkan dengan masa kini yg udah baik. “Aku ga kayak dulu lagi, aku udah berubah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button