Lifestyle

6 Cara Menjadi Orang yang Sabar dan Ikhlas

6 Cara Menjadi Orang yang Sabar dan Ikhlas – Ada banyak orang yang menginginkan bisa sabar dalam melakukan sesuatu, terlebih dalam menghadapi masalah. Cobaan dan masalah bisa saja berdatangan silih berganti tak kenal waktu.

Tak jarang saat kita melakukan sesuatu harus selesai instan dan dengan waktu yang cepat. Kalau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, bisa saja menjadi emosi, marah dan grusa-grusu.

Sifat tersebut tidaklah benar dan hanya akan merugikan dirimu sendiri. Yang lebih parah, bisa merusak hubungan dengan orang lain.

Untuk itu, kamu harus tahu bagaimana cara menjadi orang yang sabar dan bijak dalam menghadapi masalah ataupun melakukan sesuatu.

Memperbaiki Niat

Landasan penting dalam melakukan sesuatu adalah niat. Segala sesuatu akan berjalan dengan baik apabila diniatkan dengan sungguh-sungguh pula.

Jika kamu ingin menjadi orang yang sabar, bijak dan ikhlas, maka niat nya juga harus sungguh-sungguh. Jangan niat setengah-setengah, apalagi cuma ikut-ikutan banyak orang aja.

Bangun pemikiran bahwa kamu bisa menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Semua itu semata-mata dilakukan untuk diri sendiri karena Tuhan, bukan karena orang lain.

Jika sudah diniatkan dengan baik, maka masalah dan cobaan yang datang bisa teratasi dengan baik.

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Mendekatkan diri kepada Tuhan adalah langkah yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang sabar. Bisa dilakukan dengan cara beribadah, membaca kitab suci, ataupun membaca buku-buku keagamaan.

Setiap ajaran agama apapun, pasti ada menyinggung soal sabar. Sabar merupakan sifat yang terpuji dan baik jika dimiliki oleh setiap orang. Dengan bersabar, maka kita akan terhindar dari kerugian.

Optimis dan Berpikiran Positif

Perilaku yang tidak baik datang dari pikiran yang negatif. Seringkali kita berprasangka yang tidak-tidak kepada orang lai sehingga tersulutnya emosi dan membuat marah serta stress.

Berprasangka buruk dan berpikiran negatif itu gak ada gunanya yang ada malah membuat rugi diri sendiri.

Alangkah baiknya kita mulai mengurangi berpikiran negatif (pesimis) dan mengubahnya jadi berpikiran positif dan menyikapinya dengan optimis.

Ambil sisi positif dari setiap cobaan dan masalah yang datang menghampiri. Berpikiran positif adalah cara menjadi orang yang sabar dan ikhlas yang paling efektif.

Bergaul dengan Lingkungan yang Baik

Lingkungan pergaulan bisa mempengaruhi sikap. Lingkungan yang baik akan membuat diri kita menjadi baik pula. Begitupun sebaliknya, lingkungan yang buruk akan berdampak buruk juga ke diri kita.

Nah, apabila kamu ingin menjadi orang yang sabar dan berakhlak baik, bergaullah dengan orang-orang yang baik pula.

Jika kita berada dan terus-terusan ada dilingkungan orang pemarah, akan secara tidak sadar akan mengikuti kebiasaan lingkungan tersebut. Bisa jadi orang yang pemarah, orang yang iri, ataupun dengki.

Untuk itu, memilih pergaulan yang baik penting dilakukan jauh-jauh hari agar tidak menyesal di kemudian hari.

Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Sama seperti poin 2, mengambil hikmah dari setiap kejadian itu harus tertanam dalam pikiran kita. Ketika diterpa cobaan dan masalah, seringkali kita merasa sedih dan berputus asa.

Padahal, dibalik masalah dan cobaan tersebut terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk masa yang akan datang loh!

Kecewa itu wajar, namun jangan sampe terlarut-larut bahkan sampai emosi dan marah. Percayalah bahwa Tuhan memberikan masalah dan cobaan tidak melebihi kemampuan hambanya.

Mencoba Memaafkan dan Mengikhlaskan

Seringkali teman atau orang di sekitar kita berperilaku tidak baik kepada kita. Jika hal tersebut pernah dilakukan oleh teman ataupun orang di sekitar, maka lebih baik diamkan saja dan maafkan.

Mengapa? Karena kalau kamu membalas perilaku yang sama seperti dia, lantas apa bedanya kamu dan dia?

Memaafkan dan mengikhlaskan memang bukan perkara yang mudah. Namun percayalah, dengan memaafkan dan mengikhlaskan maka hidup akan menjadi tenang dan damai.

Emosi dan Amarah pun akan terkontrol dengan sendirinya dan kamu akan menjadi orang yang sabar dan ikhlas.

Penutup

Menjadi orang yang sabar dan ikhlas memang tidak mudah. Harus banyak berlatih dan bersabar, Tips diatas akan berhasil jika dilakukan dengan niat yang kuat juga.

Jangan lupa juga kenali diri sendiri agar tahu kamu itu seperti apa.


Itulah 6 cara menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Baca juga artikel mengenai Gaya Hidup lainnya ya!

Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya~

Source
Gambar
Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button