5 Tips Memilih Hotel untuk Staycation Saat Berlibur

Staycation
img by: Pixabay / pufacz

5 Tips Memilih Hotel untuk Staycation Saat Berlibur – Berlibur merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Penat setelah menjalani aktivitas rutin selama hari kerja membuat kita gampang lelah. Berlibur di akhir pekan menjadi solusi dari hal tersebut.

Tahukah kalian bahwa berlibur itu tidak harus pergi ke tempat wisata? Cukup dengan staycation di hotel bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang bosan di rumah namun juga tidak ingin berpergian ke tempat wisata yang notabene nya rame.

Namun, memilih sebuah hotel juga tidak mudah seiring dengan banyaknya pilihan hotel itu sendiri. Butuh kecermatan dalam memilih hotel agar liburan yang direncanakan bisa menyenangkan. Jangan sampai salah memilih hotel membuat liburan menjadi kacau.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pilihan hotel yang banyak jumlahya tersebut membuat kita harus berpikir ekstra dalam memilihnya. Berikut ini adalah 5 tips memilih hotel untuk staycation saat berlibur, yuk simak!

1. Memilih Lokasi Hotel yang Sesuai dengan Tujuanmu

Suasana Jalan depan Hotel
Memilih Lokasi Hotel yang Sesuai dengan Tujuanmu (Gambar : Pixabay / 4249631)

Yang pertama adalah memilih hotel yang sesuai dengan tujuan staycation kamu. Jika menginginkan suasana yang damai, maka pilihlah lokasi hotel yang jauh dari pusat keramaian. Kalau kamu ingin staycation sambil berjalan-jalan di sekitar, maka pilihlah hotel yang dekat dengan tempat wisata, entah wisata kuliner atau wisata belanja.

Jangan sampai kamu memilih hotel yang dekat dengan pusat keramaian padahal kamu ingin suasana yang tenang, bisa kacau nantinya. Sekali lagi, pikirkan matang-matang pilihan hotel untuk staycation sesuai dengan kebutuhan.

2. Lihat Harga dan Bandingkan dengan Yang Lain

Ilustrasi Transaksi Pembayaran
Lihat Harga dan Bandingkan dengan Yang Lain (Gambar : Pixabay / AhmadArdity)

Langkah selanjutnya yaitu membandingkan harga hotel satu dengan yang lainnya. Pilihlah hotel yang sesuai dengan budget kalian. Ada yang bilang ada kualitas ada harga. Namun, tidak selamanya hotel harus mahal. Cari juga hotel yang sedang diskon sehingga mendapatkan hotel dengan fasilitas bagus tetapi dengan harga yang miring.

Jika bingung, kalian bisa mencari lewat situs pencari seperti Google dengan kata kunci misalnya : Hotel terbaik di Jakarta, Hotel terbaik di Yogyakarta, ataupun sesuai daerah masing-masing.

Ohiya, jangan lupa juga cek harga tiket hotel melalui pihak ketiga atau secara online. Biasanya banyak platform yang menawarkan diskon hotel lho! Lumayan bisa menghemat budget :D.

3. Lihat Fasilitas yang Disediakan

Kolam Renang di Sebuah Hotel
Lihat Fasilitas yang Disediakan (Gambar : Pixabay / AgEGlobalGroup)

Setelah mendapatkan beberapa hotel harga yang sesuai dengan budget, lihat juga fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut. Jika hanya benar-benar menghabiskan waktu seharian di hotel, pilihlah hotel yang fasilitasnya lengkap. Fasilitas tersebut misalnya wifi yang cepat, kolam renang, gym, dan lain-lain.

Kalau memang hotel tersebut tidak memiliki fasilitas yang mumpuni, lebih baik coba cari lagi hotel yang harganya diatas sedikit tetapi fasilitasnya lengkap.

4. Lihat Review Hotel Tersebut

Feedback / Ulasan
Lihat Review Hotel Tersebut (Gambar : Pixabay / Tumisu)

Review atau ulasan dari pengunjung hotel juga bisa dijadikan acuan untuk memilih sebuah hotel lho. Jika hotel tersebut mendapatkan ulasan yang memuaskan dari para pengunjung, maka hotel tersebut bisa dijadikan pilihan untuk kamu pesan.

Jangan pilih hotel yang ulasan dari pengunjung nya rendah walau hotel tersebut harganya murah. Ulasan pengunjung biasanya benar-benar dari apa yang sudah dirasakan oleh yang mengulas.

5. Pilih Waktu yang Tepat

Ilustrasi Waktu dengan Jam Tangan
Pilih Waktu yang Tepat (Gambar : Pixabay / StockSnap)

Setelah mendapatkan kriteria hotel dengan budget yang ada dan fasilitas yang lengkap serta ulasan yang positif, langkah selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat. Ada kalanya harga hotel tersebut melambung tinggi karena peak season dan terkadang harganya juga murah banget.

Dengan memilih waktu yang tepat, liburan bisa menjadi sangat menyenangkan dan bisa membuat fresh tubuh kita sehingga siap kembali ke rutinitas. Ohiya kalau ada harpitnas atau hari kejepit nasional, bisa ya dipertimbangkan buat berlibur :D.


Berlibur memang diperlukan, tetapi jangan terlalu dipaksakan. Terlebih sekarang masih dalam pandemi COVID-19 yang belum kunjung reda.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin melepas penat bisa menerapkan 5 tips memilih hotel untuk staycation saat berlibur diatas. Jangan lupa juga tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan ya agar kita dapat menang melawan pandemi COVID-19 ini.

Teirma kasih sudah membaca artikel 5 tips memilih hotel untuk staycation saat berlibur, baca juga artikel tentang informasi lainnya ya!

Stay healthy dan stay safe~

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.