Lifestyle

6 Tips Merencanakan Liburan Tanpa Beban Pikiran

6 Tips Merencanakan Liburan Tanpa Beban Pikiran – Berlibur dengan teman atau keluarga merupakan hal yang sangat seru dan mengasyikan. Namun, tidak semua orang bisa merasakan berlibur dengan teman ataupun keluarga.

Waktu berlibur tiap orang berbeda satu dan yang lainnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips merencanakan liburan sendiri sehingga tidak perlu khawatir tanpa adanya teman ataupun keluarga~

1. Memilih Destinasi yang Tepat

Memilih Destinasi yang Tepat
Memilih Destinasi yang Tepat (Gambar: Pixabay / TheAndrasBarta)

Hal pertama dan yang utama adalah memilih destinasi yang tepat sesuai dengan keinginan dan juga budget yang ada. Jangan sampai kamu salah memilih destinasi yang tepat lalu membuat plan liburan menjadi berantakan.

Untuk memilih destinasi yang tepat, kamu bisa melakukan survei melalui internet, ada apa aja destinasi yang bisa dikunjungi.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Memilih Waktu yang Tepat
Memilih Waktu yang Tepat (Gambar: Pixabay / tigerlily713)

Menyusun agenda dengan mempertimbangkan waktu dan juga tanggal merupakan hal yang harus kalian lakukan saat akan berlibur. Menyusun agenda yang salah bisa membuat budget liburanmu membengkak.

Memilih tanggal yang tepat jangan sampai pada saat harga-harga tiket sedang naik. Survei harga-harga tiket tersebut, siapa tau ada travel fair yang membuat kamu bisa mendapatkan tiket dengan harga miring.

Selain itu, pastikan urusan-urusan, tugas-tugas, dan deadline sudah clear semua sehingga saat kamu berangkat tidak ada beban pikiran soal hal tersebut.

3. Menghitung Budget

Menghitung Budget
Menghitung Budget (Gambar: Pixabay / image4you)

Budget merupakan hal pokok yang harus disiapkan jika ingin berlibur. Dengan begitu, kamu bisa jauh-jauh hari menabung agar budget tercukupi.

Budget tersebut meliputi:

  • Biaya tiket.
  • Transportasi selama berlibur.
  • Biaya hotel.
  • Belanja dan oleh-oleh.
  • Biaya makan dan minum.
  • Masuk lokasi wisata.
  • Biaya tidak terduga

Biaya tiket dan biaya hotel bisa di press dengan adanya EPIC sale tanggal 5-11 November besok loh! Kalau plan sudah disiapkan, langsung gaskeun mawon buat serbu tiket murahnya jangan sampai terlewat!

4. Menyiapkan Dana Kaget

Menyiapkan Dana Kaget (Gambar: Piixabay / QuinceCreative)

Meskipun kamu sudah menyiapkan budget untuk berlibur, jangan lupa siapkan juga dana kaget untuk berjaga-jaga jikalau ada kejadian yang tak terduga dan harus keluar biaya.

Dana kaget tersebut jangan disatukan dengan budget, simpan dana tersebut di rekening khusus dimana tidak untuk pemakaian umum. Jika dana kaget sudah aman, maka liburan pun tidak perlu khawatir lagi.

5. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari (Gambar: Pixabay / johnyksslr)

Mencari tiket dari jauh-jauh hari bisa mengantisipasi kehabisan tiket dan juga kamu bisa memilih tiket yang termurah dan sesuai dengan budget. Banyak dari maskapai penerbangan (kalau naik pesawat) yang memberikan harga miring.

Tidak hanya untuk tiket berangkat atau pulang saja, hal ini juga bisa diterapkan dalam memilih hotel atau penginapan. Memilih penginapan jangan mendadak karena kita tidak tahu apakah bisa mendapatkan kamar atau tidak.

Oleh karena itu, memesan tiket harus dilakukan jauh-jauh hari juga biar tidak kebingungan mencari penginapan saat sampai kota tujuan. Mencari hotel juga bisa dilakukan dengan cara online ya!

6. Belanja Seperlunya dan Sewajarnya Saja

Membatasi Belanja
Membatasi Belanja (Gambar: Pixabay / gonghuimin468)

Godaan belanja pada saat berlibur harus diredam agar kamu tidak overbudget. Kalau sampai overbudget, kamu sendiri yang repot nantinya. Bijaklah menggunakan uang dengan seperlunya, cari atau beli sesuatu yang sekiranya dibutuhkan saja. Jangan semua di hajar, terus sadar kalau uang sudah habis (amsyong).

Terlebih lagi perihal oleh-oleh makanan, tidak usah membeli semua yang ada di kota tersebut untuk oleh-oleh. Belilah yang bisa dimakan bersama teman atau dimakan sendiri pada saat kembali ke kota asal masing-masing.

Pertimbangkan juga daya tahan makanan tersebut, apakah bisa dibawa dan masih enak saat kamu tiba di kota asal atau tidak. Kalau tidak, jangan dipaksakan untuk membelinya.


Penutup

Itulah artikel mengenai 6 Tips Merencanakan Liburan Tanpa Beban. Berliburlah dengan mempertimbangan segala aspek sehingga liburan yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa beban.

Baca juga artikel lainnya mengenai lifestyle dan travel perjalanan lainnya ya! Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button