Peran Penting Teknologi Informasi di Masa Pandemi COVID-19

Komunikasi Daring
img by: Pixabay / HaticeEROL

Peran Penting Teknologi Informasi di Masa Pandemi COVID-19 – Coronavirus Disease atau biasa disebut dengan COVID-19 sudah menyebar di berbagai negara. COVID-19 ini sudah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO secara resmi mulai tanggal 11 Maret 2020.

Pertanggal 03 Juni 2020, lebih dari 6,400,000 kasus terkomfirmasi di lebih dari 188 negara di seluruh penjuru dunia. Akibatnya, banyak negara yang menerapkan lockdown baik lockdown total maupun lockdown parsial. Di Indonesia sendiri, lockdown sudah dilakukan meski dengan inisiatif warganya masing-masing. Pemerintah sudah berupaya sangat keras untuk mencegah penularan virus ini dengan maksimal.

Nah, akibat dari adanya pandemi ini, banyak sektor yang terkena dampak COVID-19 ini. Sektor-sektor tersebut diantaranya yaitu: sektor daya-beli masyarakat, sektor UMKM, sektor korporasi, dan sektor keuangan.

Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya pembatasan sosial berskala besar dan anjuran pemerintah mengenai #DiRumahAja sehingga daya beli masyarakat cenderung menurun, namun bukan berarti semua sektor ikut terdampak.

Adanya teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini memiliki peran penting di masa pandemi COVID-19. Apa saja sih peran penting teknologi informasi di masa pandemi COVID-19 ini?

Teknologi Informasi yang Berkembang Sangat Pesat

Teknologi informasi saat ini bisa dibilang sudah berkembang sangat pesat, dapat dilihat dari perkembangan barang elektronik yang beragam variasi dan kemudahan mengakses informasi dengan mudah.

Dibandingkan dengan beberapa dekade silam, dimana seseorang bisa mendapatkan informasi melalui media yang terbatas seperti radio dan juga surat kabar (koran), saat ini informasi apapun dapat langsung diperoleh melalui televisi ataupun situs berita online.

Hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah dibilang sangat pesat.

Peran Penting Teknologi Informasi

Nah, teknologi informasi juga memiliki peranan penting dalam kehidupan, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 seperti ini. Banyak orang yang mengandalkan dan memakai teknologi informasi untuk membantu dan/atau memudahkan pekerjaan mereka.

Salah satu peran penting teknologi informasi saat ini yaitu membantu seseorang untuk dapat bekerja atau belajar hanya dari rumah, melakukan segala sesuatu sebisa mungkin dari rumah.

Kemudahan yang didapat dari Teknologi Informasi

Peran penting yang pertama yaitu kita dapat memperoleh informasi dengan mudah, baik melalui media baik media cetak dan media elektronik.

Akses Informasi Dengan Mudah

Saat ini, informasi apapun seperti berita, pengumuman, dan hiburan dapat diakses oleh siapapun dengan hanya bermodalkan handphone, bagian dari perkembangan teknologi informasi.

Dengan mengetik kata kunci yang dicari, semisal: COVID-19, nantinya akan muncul beragam berita mengenai COVID-19 ini. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua informasi yang berada di internet itu benar adanya, kita harus memilah dengan jeli agar terhindar dari hoaks.

Salah satu yang dapat kalian lakukan untuk menyaring informasi dari sebuah berita, yang pertama harus dilakukan adalah cek domain setiap situs berita terlebih dahulu, apakah situs berita tersebut terpercaya atau tidak. Jika situs tersebut baru dibuat dan domainnya tidak jelas serta kurang menyakinkan, maka jangan asal termakan oleh berita yang terdapat di dalam situs tersebut.

Bagi seorang blogger seperti saya, biasanya saya memanfaatkan kemudahan mengakses informasi ini untuk mencari informasi mengenai hosting murah dan diskon-diskon sehingga website saya bisa tetap online tanpa adanya kendala.

Memudahkan WFH dan LFH

Saat ini, masih berjalan sesi belajar dari rumah (LFH) dan bekerja dari rumah (WFH) untuk sektor yang dapat dikerjakan dari rumah. Nah, dengan adanya teknologi informasi ini, sangat membantu banget dalam melakukan WFH dan LFH ini.

Ada beberapa kemudahan yang saya rasakan selama LFH ini, yaitu:

Kuliah Online Menjadi Mudah

Untung saja, saat ini sudah ada berbagai platform yang menyediakan layanan online meeting seperti Zoom, WebEx, Google Meet dan lainnya. Bayangkan jika produk dari berkembangnya teknologi informasi tersebut belum ada? Bisa bingung dan bahkan kita tidak bisa melakukan adanya kegiatan belajar-mengajar bukan?

Mengumpulkan Tugas Kuliah Menjadi Mudah

Selanjutnya yaitu, saya merasa lebih dimudahkan dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini. Pengumpulan tugas tidak lagi berfokus pada mengirim surat/dokumen tetapi bisa melalui platform online seperti Google Classroom atau dengan portal yang disediakan oleh kampus.

Belanja Kebutuhan Menjadi Mudah

Selain kuliah online, belanja juga bisa dilakukan dari rumah lho. Sudah banyak platform toko online di Indonesia yang menyediakan tempat jual-beli online tersebut dengan fiturnya masing-masing.

Terlebih disaat pandemi seperti ini, karena adanya pembatasan kegiatan diluar rumah, maka beberapa toko offline atau gerai banyak yang membuka toko online nya sehingga masyarakat yang ingin membeli tidak harus keluar rumah, cukup membuka hp dan barang akan diantar kerumah. Mudah bukan?

Berbagai cara toko online dilakukan untuk mendapatkan pengguna seperti dengan diskon, flashsale, gratis ongkir, dan masih banyak lagi. Hal tersebut menurut saya sangat membantu sekali untuk menghilangkan stigma para pengguna yang berpikir bahwa di toko online ongkos kirimnya mahal, bahkan lebih mahal dari harga barangnya.

Mendapatkan Kemampuan Dalam Bidang Lain

Bagi sebagian orang, WFH dan LFH dijadikan ajang untuk leyeh-leyeh dan bersantai-santai. Sebenarnya banyak yang hal yang dapat dilakukan di waktu kosong tersebut seperti latihan memasak, berlatih bahasa, dan berlatih hal-hal menarik lainnya.

Banyak situs yang membagikan tutorial dan tips seputar hal tersebut secara gratis, lho!

Memaksimalkan Teknologi Informasi

Memaksimalkan teknologi informasi adalah hal yang harus kita lakukan. Teknologi informasi memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan, oleh karena itu sebisa mungkin kita harus memanfaatkannya dengan baik.

Kita dapat memaksimalkan teknologi informasi sebagai sarana kita mencari uang dengan berjualan, berkomunikasi dengan sesama melalui daring (online), menyebarkan berita kebaikan, berbagi tips dan trik yang kita ketahui sehingga orang lain dapat terbantu.

Hal yang kecil pun juga dapat bermanfaat besar lho, contohnya adalah tidak menyebar berita hoaks. Berita hoaks ini sangat banyak di internet. Clickbait dari portal berita mainstream juga harus diwaspadai sehingga tidak ada yang salah paham karena hanya membaca judulnya saja.

Di era seperti saat ini memang sudah seharusnya kita kritis namun kita juga harus selektif sehingga tidak membuat rugi diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu, berhati-hati saat melakukan aktivitas apapun di internet agar tidak menimbulkan masalah yang besar.

Penutup

Banyak hal yang merubah kebiasaan-kebiasaan kita karena pandemi COVID-19 dan terbantu oleh berkembangnya teknologi informasi yang ada. Untuk itu, kita harus memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan jangan menyalahgunakannya untuk hal-hal terlarang.

Mungkin sekian saja artikel mengenai Peran Penting Teknologi Informasi di Masa Pandemi COVID-19, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Tetaplah #DiRumahAja apabila tidak terpaksa untuk keluar ya!

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan agar kita bisa bersatu melawan COVID-19 ini.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.