Tahu Beton, Si Kecil yang Keberadaannya Sangatlah Penting.

Tahu Beton
Tahu Beton (Dokumentasi Pribadi)

Tahu Beton – Pernahkah kamu melihat ketika melakukan pekerjaan pengecoran, pasti kita melihat suatu benda yang diletakkan di sela-sela antara besi dan bekisting. Benda seperti foto utama tersebut dinamakan beton decking atau istilah lain tahu beton.

Tahu beton memiliki fungsi yaitu guna memastikan bahwa jarak antara pembesian dan selimut beton sudah sesuai dengan perencanaan awal.

Tanpa adanya benda kecil ini, maka posisi besinya turun bahkan telalu rapat dengan kulit luar selimut beton. Hal ini bisa membuat besi yang mengembang membuat selimut beton retak dan membahayakan hasil proyek konstruksi. Gambar dibawah merupakan penerapan pemasangan beton decking di lapangan.

Tahu Beton
Tahu Beton (Dokumentasi Pribadi)

Pada dasarnya pembuatan benda kecil ini terbuat dari campuran beton, berbentuk silinder kecil,dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ketebalan selimut beton yang direncanakan oleh Konsultan Perencana Dalam pembuatannya, diisikan kawat bendrat pada bagian tengah yang nantinya dipakai sebagai pengikat pada tulangan.


Itulah artikel mengenai benda kecil yang keberadaannya sangat penting ini. Artikel ini termasuk dalam kategori materi yang merupakan salah satu bagian dari materi Teknik Sipil. Baca juga artikel mengenai materi lainnya ya! Semoga bermanfaat.


Referensi:

  • Gambar pada slide 1, 2, 3, dan 5 merupakan dokumentasi pribadi selama mengikuti proyek.
  • Referensi artikel dan gambar slide 4 berasal dari: https://pakarstruktur.com/beton-decking-si-beton-mungil/
Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.