Opini

Selayang Pandang

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Selayang Pandang: Tak Kenal Maka Tak Sayang – Postingan ini merupakan postingan pertama yang saya publikasi dalam blog ini. Postingan yang akan menjadi awal dari berdirinya blog ini.

Postingan ini juga dimaksud untuk memperkenalkan diri saya sebagai penulis di blog saya yang baru ini..

Perkenalkan saya Kisna, seorang blogger pemula yang menempuh pendidikan strata-1 di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta.

Blog ini merupakan blog kedua yang saya buat. Sebelumnya saya telah membuat blog juga yang berisi tutorial, travel, dan informasi-informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk postingan pertama saya, izinkan saya bercerita mengenai tujuan dibuatnya blog ini, mengapa menggunakan domain ini, dan mengapa memakai wordpress.

Tujuan Membuat Blog Ini

Tujuan saya membuat blog ini adalah untuk berbagi hal berkaitan dengan jurusan yang sedang saya tempuh yaitu program studi teknik sipil.

Selain itu, saya juga akan berbagi mengenai informasi, tips, ataupun cerita tentang sesuatu hal seperti postingan pertama ini. Saya membuat sedemikian rupa sehingga pembaca nyaman ketika membaca di blog ini.

Meskipun blog ini terlihat biasa saja, namun sebisa mungkin semua informasi dapat terakses dengan baik tanpa adanya kesalahan-kesalahan seperti halaman error maupun broken link.

Sebisa mungkin saya mengutamakan kenyamananan dibanding dengan fitur yang aneh-aneh lainnya.

Mengapa Memakai Domain .ID?

Simpelnya, saya suka dengan domain yang pendek, diambil dari panggilan depan saya yaitu Kisna. Alasan menggunakan domain dotid karena ektensi ini adalah ekstensi yang Indonesia banget gitu, hehe.

Kenapa kok gak pakai ekstensi lain, kan dotid mahal? Alasannya yaitu ekstensi lain seperti dotcom, dotnet, dotorg sudah terambil orang lain rupaya. Jadi mau tidak mau ya pakailah domain ekstensi dari Indonesia.

Toh ekstensi dotid juga bagus kok :D

Mengapa Memakai WordPress?

Kurang lebih sudah 2 tahun ini saya memakai WordPress sebagai CMS utama blog saya. 2 tahun itulah yang membuat saya nyaman dengan fitur-fitur dan tampilan yang diberikan oleh WordPress.

Alasan saya memakai WordPress sebenernya cukup simpel yaitu karena saya tidak terlalu mahir dan paham dengan platform di Blogger.com. Saya bingung karena di blogger.com tersebut jika ingin menggunakan suatu fitur maka harus custom sendiri.

Sebetulnya saya juga punya blog pada platform blogger.com, bahkan blog pertama yang saya buat itu dari blogger di tahun 2012 lalu (kisnahafizh.blogspot.com). Kala itu saya masih asal copy paste sana sini karena ketidaktahuan saya.

Saya takutnya malah blog yang dibuat di blogger.com menjadi rusak dan error karena ketidaksengajaan saya. Alhasil platform WordPress lah yang saya pilih sebagai CMS utama.

Namun, saya juga masih mengelola blog di blogger.com kok! Tapi tetap saja, masih lebih memilih WordPress.

Terlebih di saat pandemi seperti ini, banyak tugas yang hanya dikirimkan melalui scan saja. Oleh karena itu, daripada tersimpan rapih di memori saya lebih ingin membagikannya. Siapa tau apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi banyak orang, iya kan?

Akhir Kata

Sebagai penutup, saya sangat berkenan apabila saya bisa berkenalan dan berteman dengan kalian (pembaca). Saya ingin bisa mendapatkan kenalan banyak siapa tau kedepannya bisa saling membantu satu sama lain.

Selain itu, saya juga sangat mengharapkan adanya kritik dan saran apabila ada yang masih kurang dalam desain blog maupun penulisan dalam blog ini.

Halaman kritik dan saran sudah saya siapkan dalam halaman Kritik dan Saran. Opsi lain untuk memberikan kritik dan saran adalah dengan berkomentar pada halaman atau postingan yang sudah saya sediakan kolom komentarnya.

Terima kasih, salam kenal ya!

Show More

Kisna Hafizh J.

Mahasiswa yang suka menulis dan bercerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button